Sukses

Penurunan kesadaran dan detak jantung pada koma

14 Jun 2020, 18:43 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo dokter.. Mau minta informasi nih, misalnya ada pasien yang sedang mengalami koma selama beberapa minggu, dan keadaannya terus-menerus menurun. Sampe pada akhirnya detak jantungnya semakin melemah dan bisa dikatakan nyawanya akan melayang di saat itu juga. Apa dengan mesin kejut, jantung pasien koma itu bisa menunjukkan grafik seperti sebelumnya? Atau justru hidup tapi seperti tidak hidup? Bisa kah seperti itu dokter? Terimakasih sebelumnya.. mohon bantuannya dokter

Halo Saudara, Saya mengerti keluhan yang Saudara sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Saudara.

Detak jantung yang menurun tidak berarti secara spesifik bahwa nyawa seseorang melayang.

Penurunan detak jantung merupakan salah satu dampak dari organ-organ tubuh yang mulai berhenti dengan optimal, dalam kata lain sudah menurun kemampuan organ tubuhnya untuk bekerja. Akibatnya, kita dapat melihat misalnya detak jantung seseorang melemah, pernafasan melambat, kemampuan untuk gerak berkurang dan semakin jarang, seperti pada keadaan koma. 

Hal ini tidak selalu berarti orang tersebut akan meninggal, ada pula yang dapat mengalami pemulihan. Namun, hasil akhir yang terjadi sangatlah tergantung pada apa yang terjadi pada orang yang mengalami koma ini. Baiknya tanyakan kepada dokter yang merawat orang tersebut apa yang sedang terjadi saat ini mengenai kondisi rekan anda. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Saudara dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui:

Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-

App Store: https://app.adjust.com/n01yug7

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar