Sukses

Emosi tak stabil

13 Jun 2020, 23:02 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok,saya sedang mengalami emosi yg naik turun dg drastis. Apakah saya perlu memeriksakan kesehatan mental saya?

Terima kasih telah bertanya seputar emosi tak stabil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Marah merupakan hal yang wajar dan pasti pernah dirasakan semua orang. Pengendalian emosi setiap orang pun berbeda - beda. Ada yang gampang dan ada juga yang susah mengendalikan emosinya. Seseorang yang mudah sekali menjadi marah biasanya adalah mereka yang memiliki tingkat toleransi yang rendah terhadap suatu tekanan atau hal-hal yang menyebabkan rasa frustrasi. Orang seperti ini menganggap bahwa mereka tidak selayaknya menerima kondisi yang tidak menyenangkan. Mereka sangat sulit mengambil hikmah dari situasi yang tidak menyenangkan dan menjadi marah ketika situasi "tidak berpihak" mereka seperti ketika sedang dikritik atau ditegur karena melakukan suatu kesalahan. 

Jika Anda sedang marah, cobalah melakukan hal ini untuk menyalurkan dan mengendalikan amarah :

- Mengekspresikan Kemarahan secara tidak agresif: relaksasi, humor, mengubah cara pandang, selesaikan masalah secara tuntas, melatih cara berkomunikasi, mengubah lingkungan, dan melakukan konseling apabila dengan cara-cara di atas tidak berhasil

- Menahan Amarah dan Mengalihkannya: berhenti memikirkan amarah dan mencoba memfokuskan diri pada sesuatu hal yang positif. Tujuannya adalah agar dapat mengurangi rasa marah yang sedang meluap dan mengubahnya menjadi tindakan yang konstruktif

- Menenangkan Diri: menarik nafas dalam-dalam dan mencoba meredakan emosi. Dalam hal ini ketika amarah datang maka anda segera mengambil jarak dari sumber penyebab kemarahan dan mencoba untuk mengendalikan emosi yang sedang bergejolak di dalam diri anda sendiri.

Jika hal tersebut diatas masih tidak bisa merubah keadaan dan justru memburuk, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kejiwaan (psikiater).

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan anda yang lain.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar