Sukses

Seputar Sakit Lambung

13 Jun 2020, 16:23 WIB
Pria, 50 tahun.

Obat sakit lambung apa dok. Tm ks

Terima kasih telah berkonsultasi seputar sakit lambung pada fitur Tanya Dokter

 

Penyakit asam lambung adalah hal yang umum dan sering dirasakan pada hampir semua orang. Penyakit ini disebabkan karena tingginya produksi asam lambung sehingga menimbulkan nyeri pada ulu hati. Selain nyeri ulu hati gejala lain yang dapat dirasakan adalah mual, muntah, sering sendawa, dan kadang juga merasakan keluhan seperti sesak napas, rasa terbakar didada dan sakit pada bagian dada. Gejala yang timbul pada penyakit asam lambung juga memang mirip dengan gejala jantung. Hal - hal yang menjadi pemicu dari penyakit asam lambung ini adalah:

- pola makan tidak teratur

- mengkonsumsi makanan yang pedas dan asem

- mengkonsumsi minuman seperti kopi, minuman bersoda dan alkohol secara berlebih

- faktor stress

- merokok

- mengkonsumsi obat-obatan tertentu

- menderita penyakit tertentu

Hal - hal diatas dapat membuat asam lambung meningkat dan meyebabkan penyakit asam lambung. Umumnya penyakit asam lambung ini bisa diatasi dan dicegah dengan cara mangatur pola makan, hindari makanan dan minuman yang dapat memicu, hindari stress dan juga rokok. Tapi apabila penyakit ini lebih sering dibiarkan, tidak diobati, menghiraukan hal-hal yang dapat membuatnya kambuh, dapat membuat penyakit asam lambung ini menimbulkan komplikasi. Komplikasi tersering adalah timbulnya peradangan di lambung yang menyebabkan luka dan hilangnya kelenjar pada lapisan dinding lambung. Bisa juga terkena anemia, kekurangan vitamin B12, dan bahkan kanker. 

Oleh sebab itu, sebaiknya jika memiliki riwayat penyakit asam lambung, sebisa mungkin untuk diccegah kekambuhannya dengan makan yang sedikit-sedikit tapi sering, hindari konsumsi makanan yg berlemak pedis dan asem, mengurangi stress dengan olahraga.

 

Demikian, terima kasih

0 Komentar

Belum ada komentar