Sukses

Ukuran Lingkar Kepala Anak

12 Jun 2020, 19:41 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok. . Saya punya sodara usia 18bulan jenis kelamin laki laki, dia memiliki ukuran lingkar kepala yang terlihat lebih besar dari anak seusianya.. jalannya blm seimbang, bicaranya juga baru bs beberapa kata, untuk makan juga cukup susah.. kalo tidur matanya tidak tertutup rapat jadi terbuka setengah biasanya.. dikelopak matanya terlihat urat2 kecil yang tertarik ke atas.. apakah hal tersebut normal dok ? Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pengukuran kepala bayi biasanya menggunakan meteran baju/kain. Hasil pengukuran kepala bayi perempuan dan laki-laki pun berbeda. Ukuran lingkar kepala bayi akan bertambah sebanyak 2-3 cm setiap bulannya untuk 3 bulan pertama, 1 cm setiap bulannya untuk 3 bulan berikutnya dan akan terus melambat seiring dengan bertambahnya usia.

Kemungkinan tersering penyebab kepala bayi lebih besar dari ukuran normalnya adalah hidrosefalus. Hidrosefalus adalah kondisi dimana cairan terakumulasi berlebihan di dalam otak. Kelainan ini dapat terjadi karena saat pembentukan dan perkembangan embrio terjadi infeksi, perdarahan, tumor, dan kelainan genetik. 

Selain hidrosefalus, penyebab lain yang dapat membuat pertambahan lingkar kepala secara cepat pada bayi adalah : 

- Benign Familian Macrocephaly (Memiliki keluarga dengan turunan kepala besar)

- Canavan Disease

- Hurler Syndrome

- Morquio Syndrome 

- Pendarahan Pada Kepala

Untuk memastikan keluhan yang terjadi pada saudara Anda, sebaiknya langsung memeriksakannya ke dokter anak untuk dilaukan evaluasi lebih lanjut. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar