Sukses

Air Liur Keluar Terus

12 Jun 2020, 19:36 WIB
Wanita, 27 tahun.

Siang dok, air liur saya keluar terus di rahang ujung gigi saya. ini penyebabnya apa ya dok ?

Halo Saudari,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan, Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan. Apakah air liur yang keluar berlebih hanya saat berbicara atau membuka tutup mulut dan berbicara? Atau apakah Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu? Atau sedang mengalami stres?

Terlalu banyak produksi air liur biasanya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Kecuali jika hal ini berlanjut dan mengganggu maka perlu diwaspadai. Masih dianggap normal untuk membuat lebih banyak atau lebih sedikit air liur, tergantung pada apa yang kita makan atau minum. Biasanya tubuh menangani kelebihan air liur dengan menelannya dalam jumlah lebih banyak.

Produksi air liur dapat berlebih pada keadaan berikut ini:

1. Satu atau lebih kelenjar ludah terlalu aktif

2. Memiliki masalah dengan menelan.

Jadi hal biasa jika kelenjar ludah memproduksi air liur berlebih khususnya setelah konsumsi makanan pedas. Selera pada lidah memainkan peranesar dalam seberapa banyak air liur yang dihasilkan. Memakan sesuatu yang pedas atau sangat asam di mulut , maka tubuh akan bereaksi dengan membuat air liur lebih banyak. Makanan asam cenderung memicu lebih banyak air liur ketimbang makanan manis.

Jika kelebihan air liur dirasa mengganggu, cobalah ubah pola makan. Namun jika produksi air liur selalu berlebih, meski tidak mengonsumsi makanan pedas atau asam, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ini bisa menjadi efek samping dari obat atau hasil dari suatu kondisi medis atau penyakit. Jika memiliki masalah menelan, mungkin air liur seperti terkumpul banyak di mulut, dan bisa berujung pada ngiler. Kondisi ini paling sering terlihat pada orang yang memiliki kontrol otot yang lemah di wajah dan mulut.

Baca juga:

Hipersalivasi, Ketika Air Liur Berlebihan

Kanker Kelenjar Air Liur

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android. 

Semoga sehat selalu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar