Sukses

banyak bulu halus pada Wanita

11 Jun 2020, 14:22 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya ini seorang remaja putri, tp saya I I sedikit berbeda dengan yang laiinya. Saya memiliki bulu halus disekitar bibir bagian atas yang membuat saya merasa tidak percaya diri. Pertanyaan saya, apakah itu bisa dihilangkan dengan cara alami dok ?

Terima kasih telah bertanya seputar bulu halus pada wanita melalui fitur Tanya Dokter.

Pertumbuhan rambut halus yang berlebih di sekujur tubuh, khususnya pada wajah (kumis dan janggut tipis), disebut dengan hirsutisme. Kondisi tersebut sebenarnya dipicu oleh kadar hormon pria (androgen) yang meningkat pada seorang wanita. Ironisnya, meski rambut pada bagian yang tak semestinya itu tumbuh subur, tetapi pada orang yang terkena sindrom ovarium polikistik justru mengalami kerontokan rambut kepala yang relatif parah. Sehingga, hal tersebut akan sangat menurunkan kepercayaan diri wanita yang menderitanya.

Sementara itu, sebenarnya cukup sulit menentukan mengapa seseorang bisa memiliki hormon yang tidak seimbang dan berdampak pada munculnya bulu serta sindrom tersebut. Tapi yang jelas, risiko penyakit kesuburan tersebut dapat meningkat karena faktor keturunan dan adanya peradangan di dalam tubuh. Gejala dari sindrom ovarium polikistik pun tidak hanya sebatas pertumbuhan bulu saja. Munculnya jerawat yang banyak di wajah dan tubuh, kesulitan menurunkan berat badan, serta kulit cenderung menggelap – walau Anda jarang panas-panasan – juga bisa menjadi gejala PCOS.

Kemudian, coba Anda ingat-ingat lagi, apakah selama ini haid Anda lancar? Atau jangan-jangan, selama ini siklus haid Anda kacau, tetapi Anda mengabaikannya? Padahal, selain karena stres, siklus haid yang berantakan juga bisa disebabkan oleh tumbuhnya kista atau kantung berisi cairan di dalam sel telur. Kista yang muncul akan menghambat pematangan sel telur. Akibatnya, sel telur tidak pernah matang serta tidak dilepaskan ke salurannya. Dan itulah mengapa, selain haid yang tidak teratur, penderita PCOS akan kesulitan untuk mendapatkan momongan.

Saran kami, baiknya anda periksakan dulu dengan dokter kebidanan dan kandungan untuk melakukan pengencekan terkait keadaan hormonal anda, ada kelainan atau tidak.

Berikut kami sertakan beberapa artikel sebagai bahan bacaan lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar