Sukses

Perut kembung dan sakit kepala

09 Jun 2020, 13:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dokter, seminggu ini saya mengalami perut kembung yang tidak kunjung sembuh, tapi selera makan biasa saja hanya saja setelah makan saya mengalami sakit perut. Sudah minum obat kembung juga obat tradisional tapi belum juga sembuh. Apa sebab perut kembung sebenar nya dok?. Dan saya juga sering mengalami sakit kepala, terkadang sakit kepala nya terasa sakit sekali. Terima kasih dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Keluhan yang Anda berikan menggambarkan adanya gangguan di saluran pencernaan. Tidak terlalu spesifik untuk menunjukkan suatu penyakit tertentu. Harus dilakukan pemeriksaan fisik dan anamnesis atau wawancara riwayat penyakit lebih dalam lagi, seperti sejak kapan keluhan ini Anda rasakan, pola makan Anda, kebiasaan Anda (merokok, kopi, alkohol), apakah nyeri perut dan kembung berhubungan dengan makanan, berapa kali Anda BAB dalam sehari, apakah BAB Anda berwarna hitam, dan beberapa pertanyaan lagi untuk lebih menyempitkan diagnosis atau penyebab dari keluhan Anda.

Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter guna mengevaluasi penyebab keluhan Anda.

Untuk sementara Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.

Awas, Perut Kembung Akibat 7 Makanan ini Saat Buka Puasa

Sering Perut Kembung? Mungkin Ini Sebabnya

8 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar