Sukses

Terlambat haid dan minum jamu

09 Jun 2020, 13:50 WIB
Wanita, 35 tahun.

saya terlambat haid sdh hampir 1 bulan lbh 2 minggu sy test menggunakan test pack 5x hasil tetap negatif pernah nya 2 bulan lalu juga seperti ini ke dokter diresepkan primolut dalam 1 minggu klr lah haid, masa ya sy hrs tebus resep itu lg dok? iseng2 sy beli jamu terlambat haid (sy test lg memastikan klo negatif) dan dalam konsumsi 2 hr terasa perut macam PMS (dilepen) tp ga kunjung klr tp disore hr wkt BAK sy rasa ada sesuatu macam darah beku klr (ukuran dua ruas jari jempol) #tdk terasa sakit apapun, sy pikir gumpalan darah haid dana kan mengalami haid seperti biasa ternyata tidak sampai skrg, mohon arahan dok nie sy hrs gmn (jamunya msh sy mnm), balsan dr dokter saya tunggu , terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Telat haid memang merupakan salah satu tanda kehamilan yang biasanya disadari pertama kali. Tetapi pada kasus Anda, sudah dilakukan test pack dan hasilnya negatif. Test pack sendiri memiliki tingkat akurasi yang tinggi sehingga hasilnya sangat bisa dipercaya.

Bila Anda melakukan testpack ulang kembali 2-3 hari kemudian. Bila tetap negatif, artinya memang tidak hamil. Ingat untuk melakukannya di pagi hari segera setelah bangun tidur, menggunakan urin pertama. Dan, segera baca hasilnya setelah 1-2 menit dicelupkan, agar pembacaannya akurat.

Selain kehamilan, telat haid bisa disebabkan karena haid yang tidak teratur. Ini bisa berkaitan dengan banyak hal seperti adanya stres, gangguan tiroid, berat badan yang berlebih atau menurun drastis, menggunakan kontrasepsi hormonal, dan mengalami penyakit kandungan tertentu. Bila Anda ragu dengan kondisi yang dialami, silakan berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan di tempat Anda.

Kami tidak menganjurkan Anda untuk mengonsumsi sembarang jamu atau obat tanpa saran dokter terlebih obat-obat yang mengklaim "obat herbal". Karena jamu atau obat tersebut banyak yang dijual tanpa melalui skrining atau uji klinis ilmiah di laboratorium sehingga tidak diketahui secara pasti manfaat dan efek sampingnya jika dikonsumsi.

Terlebih lagi sekarang ini banyak dijual jamu yang misalnya mengklaim sebagai jamu untuk menambah berat badan padahal dicampurkan obat kimia yang bila diberikan dengan dosis berlebih dapat menyebabkan tubuh menjadi bengkak.

Untuk itu kami menyarankan agar Anda sebagai konsumen lebih kritis sebelum membeli dan mengonsumsi obat atau produk tertentu yang dijual secara bebas.

Baca juga: 

12 Fakta Haid yang Wajib Diketahui Wanita

Telat Haid Sebulan, Pertanda Apa?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar