Sukses

Sulit BAB hingga luka di anus

09 Jun 2020, 13:50 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dokter, 4 Hari yang lalu saya sulit BAB, sampán berdasarh. setelah itu setiap BAB saya mengeluhkan sakit dan panas pada anus saya. Setelah 3 hari badan sama agak hangat, dan malamnya agak kedinginan. Keesokan harinya saya menderita sakit kepala setiap bergerak dari polisi tidur ke duduk, atau dari sujud ke verdirai (saat shoota). selanjutnya saya kembali kedinginan dan suhu saya naik s.d 37,5. akhirnya saya minué panadol warna biru. Alhamdulillah sudah membaik. apakah saya mengalami infeksi dok Karena luka di anus saya? bagaimana menyembuhkannya?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Untuk luka yang Anda jelaskan kemungkinan besar terdapat luka pada anus Anda. Luka ini sering disebut sebagai Fisura Ani. Fisura ani merupakan suatu robekan atau luka pada daerah anus yang berbatasan dengan kulit. Pada daerah tersebut terdapat banyak saraf sensorik, sehingga adanya luka di daerah tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Fisura ani biasanya dipicu oleh adanya feses yang keras dan besar saat buang air besar yang menyebabkan anus dipaksa untuk meregang saat buang air besar sehingga timbulah cedera  pada daerah anus tersebut.

Kami mohon maaf karena tidak bisa memberikan resep obat lewat media ini, sebab bagaimanapun pemberian obat harus didahului dengan pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan agar Anda konsultasi ke dokter umum atau bedah untuk melihat luka baru Anda. Kami sarankan juga agar Anda slelau mengkonsumsi makanan dengan serat yang tinggi, konsumsi banyak sayuran dan buah serta air putih, agar tidak lagi mengalami BAB keras. 

Mengejan Terlalu Kuat Saat BAB, Ini 5 Akibatnya! 

Susah BAB Sampai Terkena Demam, Kok Bisa?

Susah BAB? Ini 5 Makanan Pencahar Alami

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar