Sukses

Pemasangan Behel

10 Jun 2020, 22:23 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya mau tanya... Kan saya masang behel tpi pemasangan kuncinya digigi kecil, bukan digigi geraham pdhal kan seharusnya pemasangan kunci behel digigi geraham, trs saya nanya sama embak2 yang masang behel saya, kalau saya minta kuncinya dimundurkan terus ditambah bracket bisa apa enggak? Kata embak nya enggak bisa karena behel itu tidak boleh memenuhi gigi kalau dipenuhi gigi enggak ada pernafasan... Terus gimana menurut dokter? Apakah pemasangan kunci digigi kecil diperbolehkan atau harus digigi geraham? Terimakasih dok sebelumnya

Halo saudari,

Saya mengerti keluhan maupun kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit bahwa perawatan orthodontik tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, seperti pencabutan gigi. Namun, tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut. 

Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Lalu gIgi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri).

Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan. Perawatan orthodontik tersebut terdiri dari beberapa komponen yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, untuk menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi. 

Tentu perlu pemeriksaan secara langsung untuk melihat kondisi gigi Anda dan pemasangan behel ini harus dilakukan oleh seorang dokter gigi atau dokter gigi spesialis orthodonti. Hindari pemasangan behel pada tukang gigi atau sejenisnya karena dapat membahayakan kesehatan gigi. Oleh karena itu, perlu ditanyakan kembali dengan dokter gigi yang memasang behel Anda mengenai kondisi gigi tersebut.

Baca juga:

- Pasang Behel di Tukang Gigi, Ini Risikonya!

- Dampak Negatif Kawat Gigi yang Perlu Anda Tahu

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android.

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar