Sukses

flu dan pilek hilang timbul

09 Jun 2020, 13:50 WIB
Pria, 59 tahun.

Hidung Meler Terus , Flu&Pliek sudah 6 Bulan lebih, dikasih obat sembuh, habis obat jadi lagi

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Keluhan yang Anda rasakan adalah sering pilek yang dapat mengarah kepada gejala rhinitis alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan alergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan alergen yang serupa .

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak. Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.

Tenggorokan Anda dapat terluka akibat ingus yang jatuh ke belakang dari hidung Anda melewati tenggorokan. Jika hal ini berlangsung terus menerus dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan Anda. Rhinitis Alergi yang berkepanjangan dapat menimbulkan gangguan sinusitis.

Terapi yang dilakukan adalah :

Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan alergen penyebab. Tindakan ini merupakan tindakan yang paling sederhana dan paling mendasar dalam menangani alergi. Pencetus dapat berupa udara dingin di pagi hari dan juga paparan debu, sehingga untuk menyiasatinya dapat menggunakan baju hangat / jaket di pagi hari dan juga menggunakan masker untuk menghindari paparan debu secara langsung ke saluran nafas.

Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral(obat pelega hidung yang diminum). Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat respon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain. Namun seluruh pengobatan medikamentosa ini harus sesuai dengan instruksi dari dokter yang merawat Anda dan tidak dapat dikonsumsi sembarangan.Rhinitis alergi memang sulit untuk diobati, tetapi menghindari fakor penyebab dapat mengurangi risiko Anda menderita pilek berulang.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT-KL agar diperiksa lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Sering Tertukar, Ini Perbedaan Gejala Flu dan Pilek Biasa

Rhinitis Vasomotor si Penyebab Pilek Berulang

5 Terapi Alami untuk Hilangkan Pilek

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar