Sukses

Payudara Gatal Saat Haid dan Mengatasi Stretch Mark Payudara

09 Jun 2020, 17:30 WIB
Wanita, 19 tahun.

selamat malam dok, jadi saat saya mau menstruasi daerah payudara saya terasa gatal lalu saya garuk sampai menimbulkan bekas garis atau seperti strecth mark berwarna merah keunguan di sekitar payudara saya dan itu terjadi pada kanan dan kiri, setelah menstruasi selesai saya tidak merasakan gatal lagi tetapi bekasnya masih ada, saya sempat menggunakan salah satu produk yg klaim nya bisa menghilangkan strecth mark tapi hasilnya belum bisa hilang juga walaupun saya rasa warnanya sudah tidak semerah diawal. Apakah hal ini mengindikasikan suatu penyakit ataukah wajar apabila terdapat hal tersebut? Terimakasih atas waktunya dokter.

Terima kasih telah bertanya seputar gatal pada payudara saat haid dan stretch mark payudara dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kulit gatal di sekitar atau di bawah payudara bisa menyebabkan ketidaknyamanan sementara atau justru menunjukkan adanya masalah mendasar yang serius, karena itu penyebab dari payudara gatal ini cukup beragam. Sensasi gatal adalah hal yang normal dialami saat pertumbuhan payudara. Ketika kulit merenggang, biasanya akan terasa gatal. Tetapi rasa gatal pada puting payudara cenderung sering dialami seminggu menjelang hingga saat menstruasi. Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan produksi hormon-hormon reproduksi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab lain gatal di payudara, yaitu;

1. Pemakaian bra yang salah, bra seharusnya digunakan untuk melindungi payudara. Tapi jika bra digunakan dengan tidak tepat seperti terlalu ketat, tidak mencuci dengan bersih serta bahan dari bra tidak cocok dengan kulit bisa memicu gatal. Memakai bra dengan ukuran yang tidak pas bisa merangsang rasa gatal di kulit.

2. Stres, seperti diketahui stres bisa meningkatkan rasa gatal termasuk di payudara yang memicu orang untuk menggaruknya sehingga menyebabkan mudahnya terkena infeksi terlebih stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

3. Alergi atau iritasi pada kulit yang melapisi payudara, seperti dari paparan bahan kimia, residu dari deterjen yang bisa mengaktifkan sistem kkebalan tubuh, kosmetik yang biasanya menyebabkan kemerahan, gatal dan ruam.

4. Infeksi, gatal yang muncul biasanya disebabkan oleh infeksi payudara yang disebut mastitis dan sangat sering terjadi pada perempuan yang sedang menyusui. Hal ini karena saat menyusui sebabkan kulit di sekitar puting kering sehingga memungkinkan bakteri dan virus masuk ke dalam payudara dan infeksi. Infeksi lain yang bisa menyebabkan payudara gatal seperti infeksi jamur, eksim, cacar serta kudis.

5. Kanker payudara, gatal ini mungkin juga menunjukkan bentuk tertentu dari kanker payudara yaitu inflammatory breast cancer yang bisa menyebabkan infeksi seperti gejala gatal-gatal. Umumnya payudara membesar, merah, bengkak, sakit, kulit bersisik dan gatal.

Jika rasa gatal yang Anda rasakan terasa sangat mengganggu, Kami sarankan Anda untuk meemriksakan diri ke dokter terdekat untuk dicari penyebabnya dan solusi yang tepat sesuai kondisi Anda.

Usaha untuk menghilangkan stretch mark sangat sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya stretch mark terbentuk karena rusaknya elastisitas kulit, sehingga terbentuk garis-garis pada kulit. Karena secara anatomi kulit sudah mengalami kerusakan, maka stretch mark yang sudah terjadi tidak dapat dihilangkan 100%, namun hanya bisa diminimalisir dengan menggunakan krim secara teratur disertai dengan melakukan tindakan-tindakan medis.

Beberapa pilihan terapi untuk stretch mark diantaranya:

Krim tretinoin

Krim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang usianya kurang dari 2-3 bulan dan masih berwarna kemerahan. Penggunaan krim tretinoin pada stretch marks yang berusia lebih dari 2-3 bulan tidak efektif. Namun, krim tretinoin tidak dapat digunakan pada Ibu hamil dan menyusui.

Terapi Laser

Penanganan dengan laser bertujuan untuk menstimulasi pembentukan kolagen, elastin atau melanin di kulit. Penggunaan tipe laser berbeda-beda bergantung dengan usia dan lokasi stretch marks serta warna kulit awal.

Mikrodermabrasi

Penanganan dengan mikrodermabrasi bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit yang paling luar dan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Penanganan dengan mikrodermabrasi ini efektif untuk stretch marks yang usianya sudah lama

Terapi untuk stretch mark payudara Anda manakah yang lebih tepat, ditentukan kondisi stretch mark payudara Anda. Oleh sebab itu kami menyarankan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar