Sukses

Gatal di Sela Jari Kaki

09 Jun 2020, 14:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

Izin bertanya dok saya mengalami gatal pada sela sela jari kemerahan dan seperti bintik" air jika siang hari sangat kering dan mengakibatkan luka. Sudah diberikan salep hidrokortisol 2,5% setiap kali merasa sangat kering dan saya mengkonsumsi cetrizine Tidak memiliki riwayat alergi sebelumnya tetapi dengan riwayat dermatitis atopik apa yang harus saya lakukan dok? Terimakasih

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Keluhan di kulit (terutama telapak kaki atau tangan) dengan keluhan gatal dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau infeksi lain.

  • Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).
  • Infeksi jamur pada kaki (tinea pedis)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembap dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan.

Karena kemiripan berbagai jenis kelainan kulit tersebut maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung.

 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar