Sukses

Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Berdahak?

09 Jun 2020, 17:13 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, saya mengalami batuk batuk berkepanjangan sudah minum komik berhari² tapi dia sembuh, batuknya kadang berdahak kadang engga, tenggorokan saya juga gatel dok gimana solusinya

Terima kasih telah bertanya seputar mengatasi batuk berdahak dengan menggunakan fitur TanyaDokter KlikDokter.com

kami memahami kekhawatiran Anda.

Sudah berapa lama keluhan ini terjadi? Apakah warna dahaknya? Adakah demam yang menyertai? Apakah Anda perokok?

Pada batuk berdahak, dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas. Karena itu, pengobatan batuk berdahak dilakukan untuk mengeluarkan dahaknya. Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sementara ekspektoran berfungsi merangsang batuk agar dapat mengeluarkan dahak. Obat untuk batu berdahak, biasanya mengandung Ambroxol Hydrocloride atau Bromhexine Hydrocloride atau Dextrometorphan atau Gliserine Guaiacolsulfate.

Untuk saat ini selain mengkonsumsi obat, yang bisa dilakukan di rumah adalah isitrahat cukup, konsumsi air hangat dan makanan yang bergizi, berjemur pada pagi hari serta mengkonsumsi vitamin c untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Saran Kami bila batuk Anda tidak juga kunjung sembuh setelah 2 minggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaatSalam

0 Komentar

Belum ada komentar