Sukses

Telinga Mengeluarkan Cairan dan Berbau

09 Jun 2020, 16:43 WIB
Pria, 18 tahun.

Halo dokter! Saya memiliki masalah ditelinga yang berawal dari sejenis jerawat di pinggir ronga telinga. Awalnya Juni 04, 2020 pagi hari sejenis jerawat itu betus dan menyumbat sedikit ketelinga pendengaran berkurang ±10% saya mencoba langsung ke klinik umum untuk mengetahui masalah tersebut, dan diperiksa oleh dokter umum tersebut bersih. Di beri saya obat dalam pil Namun kondisi besoknya dari hari itu telinga jadi berair, setiap bangun tidur seperti budek sebelah. Kondisi pendengaran biasa setelah yang bisa di bersihkan oleh saya sendiri berkurang 25% Kondisi bengkak akibat sejenis jerawat itu hanya berlaku 3 hari, dihari saya mencoba membetuskan itu niatnya agar tidak mampet di telinga pas tidur, dihari saya ke klinik, sama besok harinya. Setelah itu telinga tidak terasa Bangkak lagi Namun kondisi sekarang pendengaran berkurang, telinga berair terkadang suka berbentuk sepeti nanah yang suka keluar di cantengan, bau air nya pun mirip. Setiap pagi diusahain miring ke telinga yang bermasalah namun tetap saja berair terus berhari hari. Penanganan yang harus dilakukan sekarang itu apa ya dok?

Terima kasih telah bertanya mengenai telinga mengeluarkan cairan dan berbau melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah sebelumnya didahului dengan demam, nyeri pada telinga? 

Berdasarkan dari pernyataan Anda, kemungkinan Anda terkena penyakit otitis media. Ini merupakan infeksi pada telinga bagian tengah yang ditandai dengan bocornya gendang telinga sehingga mengeluarkan cairan yang berbau dari telinga Anda. 

Biasanya penyakit ini didahului dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti flu, radang tenggorokan. Setelah itu kuman atau bakteri masuk ke telinga tengah dan menyebabkan OMA ( Otitis Media Akut ). Otitis Media AKut memiliki beberapa fase, yang memberi gejala seperti demam, nyeri telinga, telinga terasa penuh, pendengaran berkurang, dan berdengung. Jika infeksi terus - menerus dan semakin banyak penumpukan cairan di gendang telinga, maka bisa menyebabkan gendang telinga jadi pecah yang mengeluarkan cairan berbau dari telinga. Jika sudah sampai pada tahap ini, harus diberikan pengobatan yang adekuat seperti pencucian telinga dan pemberian antibiotik untuk menghilangkan infeksinya agar tidak menularkan ke telinga yang satu. 

Namun untuk menegakkan diagnosis diatas, harus dengan pemeriksaan telinga langsung oleh dokter. Agar dapat dilihat apakah memang gendang telinga Anda bermasalah atau baik - baik saja. Kami sarankan Anda segera memeriksakan telinga Anda ke dokter THT.

Yang bisa dilakukan untuk sementara ini adalah tidak memasukan apapun ke dalam telinga (tidak perlu membersihkan telingan sendiri). Apabila nyeri bisa mengkonsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol maupun asam mefenamat.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar