Sukses

Tumbuh Kembang Anak

09 Jun 2020, 15:54 WIB
Pria, 37 tahun.

Dok, saya mau bertanya, anak saya usia 2 bulan 23 hari berat badan saat lahir 3,5 kg, dan berat badan terakhir saat di timbang 6, 7 kg. anak saya tersebut pada bulan pertama bab normal seperti pada bayi umumnya, namun setelah usia 1 bulan pertama dia baru baba seteah 8 hari dan kemudian 18 hari berikutnya dan tarakhir baba 18 hari lagi hingga sekarang belum bab. jadi dalam waktu 1 bulan 23 hari bab 3 kali. namun kondisi anak tidak rewel, perut tidak keras dan bab tetap encer namun lengket juga sering buang angin. sekali bab banyak. apakah kondisi anak saya termasuk normal ataukah perlu ada tindakan yang harus kami lakukan dok, terimakasih atas jawabannya.

Terima kasih telah bertanya seputar tumbuh kembang anak melalui fitur Tanya Dokter.

Umumnya, perkembangan pada anak dilakukan pemantauan pada beberapa kategori atau domain, termasuk motorik kasar, motorik halus, wicara, interaksi sosial, dan sebagainya. Untuk motorik kasar, latihan duduk dapat dicapai oleh bayi pada rata-rata usia 6 bulan, namun bisa sampai usia 9 bulan. Beberapa hal yang dapat membantu bayi untuk mencapai setiap milestone pada masing-masing domain (untuk motorik kasar, hal ini mencakup tengkurap, merangkak, duduk, berdiri, berjalan) adalah stimulasi, membantu bayi mencapai posisi tersebut, berinteraksi, dan sebagainya.

Bila terdapat milestone yang belum tercapai pada usia yang seharusnya, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak guna memantau tumbuh kembang bayi.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar tumbuh kembang anak, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar