Sukses

Mengatasi Amandel

09 Jun 2020, 15:26 WIB
Pria, 10 tahun.

Cara mengatasi amandel biar cepat sembuh/mengecil?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Amandel atau tonsil adalah jaringan yang berlokasi di beberapa tempat dalam rongga mulut dan rongga faring. Jaringan ini berbentuk seperti kacang almond, mudah dilihat, dan ada sepasang. Fungsi dari tonsil adalah untuk melawan infeksi yang masuk ke tubuh dengan cara membantu tubuh memproduksi antibodi untuk membantu melawan infeksi.

Saat terjadi infeksi, tonsil bekerja lebih keras untuk melawan infeksi tersebut sehingga terjadi pembesaran maupun peradangan tonsil yang disebut dengan tonsillitis. Mengatasi tonsil harus sesuai dengan penyebab jaringan tersebut membesar, seperti infeksi bakteri, infeksi jamur, ataupun kuman lain. 

Apabila penyebab amandel Anda membesar karena infeksi bakteri, makan dokter akan memberikan pengobatan antibiotik untuk mengatasinya. Tapi apabila amandel yang membesar ini terjadi berulangkali, tidak membaik dengan pengobatan, membuat sulit menelan, membuat sleep apneu (sumbatan saluran napas akibat tonsil yang membesar), dan ukurannya sangat besar, maka diperlukan tindakan operasi pengangkatan tonsil atau amandel. 

Saya sarankan agar Anda mengkonsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan evaluasi lebih lanjut apabila penyakit ini datang serta agar mendapat penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar