Sukses

Berat Badan Saat Hamil

09 Jun 2020, 15:24 WIB
Wanita, 21 tahun.

pagi dok, dok saya mau nanya tentang kenaikan berat badan saya normal atau tidak . sebelumm hamil saya 49 kg sekarang saya 27 minggu berat sayaa 59 kg apakah kelebihan atau normal? jika kelebihan bagaimana saran mengatasinya agar bisa lahiran normal nantinya dok

Terimakasih telah menggunakan layanan  Tanya Dokter KlikDokter.

Ukuran perut ibu hamil ditentukan dari pembesaran rahim dan juga peningkatan berat badan selama hamil.

Menurut Institute of Medicines (IOM) Amerika Serikat, anjuran kenaikan berat badan dilihat berdasarkan kondisi status gizi wanita tersebut sebelum hamil.

Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan kurang ( IMT < 18.5 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 12.5-18 kgApabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan normal ( IMT 18.5 kg/m2-24.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah sekitar 11.5-16 kgApabila sebelum hamil memilki status berat badan berlebih (IMT 25 kg/m2-29.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 7-11.5 kgApabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan sangat berlebih (IMT >30 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 5-9 kg.Sedangkan anjuran peningkatan berat badan per trimester kehamilan adalah sebagai berikut:

Trimester I : 1-2,5 kg/3 bulanTrimester II : pertambahan berat badan rata-rata 0,35 – 0,4 kg/minggu.Trimester III: pertambahan BB 1 kg/bulan. Namun pada trimester ini penambahan BB janin rata-rata 200 gram/minggu. Mulai minggu ke-28 hingga akhir kehamilan, BB Anda akan bertambah sebanyak 4-5 kg.Pada sebagian ibu hamil, saat trimester pertama berat badannya bisa turun, terutama ketika mual dan muntah sedang hebat-hebatnya. Itu tidak apa selama tidak jatuh ke dalam kondisi yang disebut hiperemesis gravidarum (muntah hebat akibat kehamilan). Yang paling ditakutkan dari kondisi ini adalah dehidrasi sehingga aliran darah ke janin terganggu.

Bagaimana dengan Anda, apakah berat badan Anda mengalami peningkatan? Jika tidak, ini masih merupakan hal yang normal karena efek mual muntah dan juga karena Anda (mungkin) masih menyusui anak pertama Anda.

Ukuran rahim juga menentukan perut Anda membuncit atau tidak. Pada usia kehamilan 12/13 minggu umumnya rahim baru sebesar telur bebek atau buah plum/peach, sehingga belum nampak di permukaan. Ketika mencapai sebesar mangga atau pisang (pada usia 20 minggu), umumnya sudah terlihat perut yang membuncit.

Bila hal ini membuat Anda ragu dengan perkembangan janinnya, segera periksakan ke dokter kandungan Anda. Beliau akan melakukan USG untuk melihat perkembangan berat badan janin di usia ini.

Peningkatan berat badan selama kehamilan yang optimal akan membuat janin sehat dan berkembang dengan baik. Untuk benjolan pada anus harus diperiksakan ke dokter spesialis bedah dan konsultasi ke dokter kandungan, apakah mungkin dilakukan persalinan normal atau harus operasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar