Sukses

Cara Mengatasi Panu

09 Jun 2020, 14:48 WIB
Pria, 18 tahun.

Halo dok, saya mau tanya sudah hampir 6 tahun terdapat bintik bintik panu di kaki, tangan dan betis . Sudah bbrp kali berobat, yg hilang cuman sedikit dok, Tapi panunya ga melebar besar dok seperti itu terus , Apa saya harus minum obat ketonazole dan salepnya? Dan cara menghilangkan panu yg sudah mati, itu berjemur di jam brp ya dok? Mohon jawab

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Panu atau dikenal dengan istilah medis sebagai tinea versicolor adalah penyakit jamur pada kulit yang disebabkan oleh Malassezia furfur Robin. Penyakit ini sering ditemukan pada daerah yang beriklim tropis. Gejala khasnya berupa bercak putih yang gatal, berbatas tegas, dan seperti bersisik akibat lapisan kulit mati yang mengelupas. Penyebab utama penyakit kulit ini adalah kurangnya kebersihan diri, gampang berkeringat, tinggal di daerah yang lembap, dan daya tahan tubuh yang menurun.

Dalam pengobatannya, dokter akan memberikan obat anti jamur yang bisa dikonsumsi atau juga dioleskan ke tubuh. Perlu diketahui, pengobatan untuk jamur memerlukan waktu yang cukup lama. Salep biasanya digunakan sekitar 2 minggu dan tetap dilanjutkan pemakaiannya walaupun gejala sudah hilang sampai sekitar 2 minggu lagi. Obat oral bahkan membutuhkan waktu yang lama untuk dikonsumsi, bisa sekitar 1 bulan.

Selain pengobatan, kebersihan pun hal yang harus diperhatikan. Karena pengobatan akan tidak maksimal jika kebersihan tidak dijaga. Yang perlu Anda lakukan adalah mandi 2 kali sehari, rajin mengganti pakaian/celana jika gampang keringat, tidak menggunakan celana ketat, tidak memakai handuk bergantian dengan orang lain, dan hindari menggaruk.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

1 Komentar