Sukses

Seputar ISPA

08 Jun 2020, 11:51 WIB
Wanita, 40 tahun.

dokter, saya mau nanya, anak saya usia 4 thn, awalnya bersin-bersin, batuk, sakit perut dan nafas tidak beraturan, namun bersin sdh hilang, sedangkan batuk berkurang, boleh tau kira2 sakit anak saya apa ?

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

 Sayang sekali kami belum bisa menentukan penyebab keluhan anda dengan informasi yang terbatas. Diperlukan info lengkap; yang didapatkan dari wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan penunjang yang penting; sehingga dapat menentukan penyebab pasti keluhan anda.

Namun, berdasarkan gejala yang disebutkan bisa jadi penyebabnya adalah ISPA.

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru. 

Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influensa, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. 

Pasien dapat memiliki gejala seperti: demam, batuk, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar