Sukses

Penyebab Benjoan di Perut

08 Jun 2020, 09:26 WIB
Wanita, 38 tahun.

Siang dok, saya mau tanya. Awalnya saya sakit maag ckp serius selama 3 bln aktivitas saya terbatas karena kondisi lemah, yg jd pertanyaan diperut saya ada sebesar kepal tangan jika saya berbaring dari kiri kenan benjol sebesar kepal itu berpindah dr perut bagian kiri ke kanan, kira2 itu apa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. 

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan pada perut kiri, karena pada perut kiri mulai dari kulit, jaringan lemak dan beberapa organ (seperti limpa, pankreas, usus, ginjal, dll) dpat memberikan gejala benjolan pada area perut.

Disamping itu, anda juga sebaiknya mendeskripsikan benjolan yang anda rasakan, seperti :

  • seberapa besar ukurannya
  • apakah ukurannya menetap atau semakin membesarapakah anda dapat menentukan tepi dari benjolan (tepi tegas/tidak tegas)
  • apakah permukaanya rata atau berbenjol-benjol
  • apakah benjolannya melekat pada organ di bawahnya atau dapat digerak-gerakkan
  • adakah penurunan berat badandll

Tanpa dilakukan pemeriksaan secara langsung atau tanpa data-data diatas sulit bagi kami untuk menentukan lokasi benjolan, apakah benjolan tersebut terdapat pada organ di dalam rongga perut atau hanya terdapat di kulit dan jaringan bawah kulit.

Beberapa hal yang mungkin menimbulkan benjolan pada perut kanan atas antara lain :

Tumor kulit

Lipoma

Tumor lambung

Tumor usus besar

Tumor pankreas

Dll

 

Jika timbul keluhan-keluhan lain yang anda rasakan bersamaan dengan timbulnya benjolan, ada kemungkinan keluhan tersebut terkait dengan benjolan yang ada.

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam atau ke dokter spesialis bedah onkologi. Dengan dilakukan pemeriksaan secara langsung, lebih mudah bagi dokter untuk menentukan lokasi benjolan. Jika ternyata lokasinya sulit ditentukan hanya dengan pemeriksaan fisik, maka biasanya dokter akan meminta anda untuk melakukan suatu pemeriksaan penunjang, yaitu USG atau CT-Scan, untuk melihat lokasi benjolan. Dengan demikian, anda dapat memperoleh pengobatan yang tepat untuk benjolan tersebut.

Demikian informasi seputar benjolan di perut ini kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar