Sukses

Apakah Antibiotik Harus Dihabiskan?

03 Jun 2020, 18:37 WIB
Wanita, 18 tahun.

Saya mau bertanya, semalam jari saya di gigit sugar glider hinggal berdarah kemudian siang harinya saya minum antibiotik atas saran seseorang. Apakah antibiotik harus dihabiskan atau hanya diminum sekali saja?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. jika konsumsi antibiotik sudah dikonsumsi disarakan untuk dihabiskan dan tidak  hanya sekali seperti obat nyeri. selain itu jangan asal konsumsi antibiotik jika hanya saran seseorang yang bukan dokter karena dampaknya malah dapat merugikan anda. salah satu dampaknya jika asal konsumsi antibiotik adalah resistensi bakteri. artinya bakteri tersebut tidak lagi ampuh dengan antibiotik yang anda minum dengan cara asal sehingga kedepannya jika anda mengalami infeksi membutuhkan antibiotik yang lebih kuat dan lebih mahal untuk dapat mengatasinya. lagipula belum tentu antibiotik yang disarankan tepat untuk mengatasi masalah yang anda miliki.

Lebih lanjut mengenai hal ini, anda bisa baca:

Perlukah Menghabiskan Antibiotik?

Tak Semua Penyakit Perlu Antibiotik

Fakta Antibiotik

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar