Sukses

AC dan COVID19

07 Jun 2020, 17:55 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya, apakah boleh orang positif covid dengan orang negatif covid menggunakan satu ac yang sama namun berbeda ruangan?

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Jika ada dua ruangan menggunakan satu pendingin ruangan, maka tetap akan ada celah.

Sampai saat ini memang belum ada bukti bahwa virus corona bisa menular lewat pendingin ruangan. Namun jika ada yang positif covid dan bersin atau batuk tanpa masker dalam satu ruangan, bisa meningkatkan risiko tertular covid. karena perputaran virus berada di satu ruangan tersebut, terlebih jika ruangan tersebut tidak ada ventilasi.

Sebaiknya orang yang sehat benar - benar memang berbeda ruangan (tidak ada celah) dengan orang yang sakit.

Ada pun beberapa hal yang bisa dilakukan agar orang yang sehat dirumah terjaga dan terhindar dari infeksi coronavirus. Berikut yang bisa Anda lakukan.

  • Pastikan di rumah Anda memiliki ventilasi udara. Ini berfungsi agar udara dari luar tetap bisa masuk, dan udara dari dalam juga bisa keluar.
  • Jika kamar Anda memiliki jendela, pastikan agar jendela itu dibuka sehari sekali agar ada sirkulasi udara luar yang masuk ke dalam kamar atau rumah.
  • Pastikan rumah Anda terkena cahaya matahari agar kuman yang menempel juga bisa mati dan ada oksigen baru yang masuk ke dalam rumah.
  • Bersihkan lingkungan rumah dan pastikan tidak ada sudut ruangan yang basah agar tidak suhunya tidak lembap

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar