Sukses

Nyeri Pinggang Hingga ke Kaki

05 Jun 2020, 17:09 WIB
Pria, 69 tahun.

Sdh bbrp hr ini, kaki belakang hingga pinggang sering sakit kaya d tarik2. Hingga kl sdh duduk takut utk berdiri.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang bapak rasakan.

Nyeri pinggang dapat disebabkan karena adanya gangguan pada otot, saraf, tulang, ataupun organ sekitanya. Bila nyerinya menjalar sampai ke kaki, biasanya disebabkan karena saraf terjepit. Selain itu, bisa juga disebabkan karena nyeri rujuk, misalnya pada batu ginjal. 

Penyebabnya saraf terjepti seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk, dan mengangkat barang berat. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang.

Namun, untuk memastikan apakah Anda mengalami saraf terjepit atau tidak dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang, seperti MRI.

Untuk mengatasi nyerinya, Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri yang dijual bebas. Perhatikan juga posisi duduk dan berdiri Anda. Hindari mengangkat beban berat atau melakukan pekerjaan yang berat dulu. Lakukan olahraga berenang atau bersepeda yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar