Sukses

Kuku Bernanah

05 Jun 2020, 16:10 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hello dok, saya mau tanya, kenapa tiba-tiba kuku saya terangkat (mengembang) seolah akan lepas dan keluar air/nanah dari dalam kuku, juga terlihat gelembung-gelembung air di dalam kuku, setelah saya masak (mengupas dan mengulek) cabai keriting, apa yang harus saya lakukan dok, saya sangat takut kuku saya terlepas? terimakasih dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kuku yang bernanah merupakan tanda dari adanya infeksi. Apakah sebelum muncul nanah ada luka pada kuku Anda? apakah saat memasak kuku Anda sempat cedera?  atau apakah sebelumnya Anda mengalami cantengan?

Hal-hal yang saya tanyakan di atas merupakan kemungkinan penyebab timbulnya infeksi yang menyebabkan kuku Anda bernanah. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengompres kuku yang sakit dengan air panas selama 5-10 menit. Lalu, bersihkan secara teratur kuku yang terinfeksi dengan alkohol. Pastikan kuku Anda selalu dalam keadaan kering dan bersih untuk mencegah infeksi menyebar.

Jika keluhan tidak membaik dan menimbulkan demam, saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar