Sukses

alergi makanan

02 Jun 2020, 09:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

Bagaimana cara mengatasi alergi makanan? Apakah dengan selalu menghindarinya untuk tidak makan?Apakah seterusnya begitu?Bagaimana cara tahu kalau kita alergi makanan tertentu dok mengetes bagaimana ya dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran Sdri yang disampaikan.    

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Untuk mengetahui apakah makanan atau obat yang menyebabkan alergi, dapat dilihat dari kapan munculnya gejala alergi. Bila memang pada awalnya sudah timbul gejala merah dan gatal di kulit pasca mengonsumsi makanan tertentu, maka itulah bahan yang menyebabkan alergi. Bisa saja gejala bengkak yang timbul belakangan hanya merupakan proses lanjutan terhadap alergi makanan yang terjadi di awal. Sebab, obat yang diberikan dokter untuk menangani alergi, kecil kemungkinannya justru menyebabkan alergi. 

Bila kondisi gatal tidak mengancam nyawa, tidak menyebabkan sesak nafas, memang tidak perlu di rawat inap. Pengobatan bisa dilakukan dengan rawat jalan saja. Bila memang Anda merasa semakin parah, periksakanlah ke dokter, bila perlu dokter yang berbeda untuk mendapatkan second opinion.

Makanan yang menyebabkan alergi sebaiknya dihindari, bila tetep dikonsumsinya tentunya gejala alerginya terus terjadi. Gejala alergi yang timbul dapat berbeda-beda. 

ada baiknya makanan yang menyebabkan alergi harus dihindari

Kenali Beda Alergi Makanan dan Intoleransi Makanan

Makanan Pencetus Alergi Harus Selamanya Dihindari?

Alergi vs Intoleransi Makanan, Ini Bedanya

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar