Sukses

program hamil, riwayat Rubella, dan haid tidak teratur

02 Jun 2020, 09:41 WIB
Wanita, 31 tahun.

Bagaimana cara program hamil bagi yang memiliki riwayat penyakit rubela dan haid tidak teratur?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

 

Bagi penderita yang sudah pernah terkena infeksi rubella sebelumnya maka tubuh akan membentuk sistem pertahanan (sistem imun) untuk melindungi diri dari infeksi ulang rubella. Sistem pertahanan tubuh ini ditandai dengan adanya hasil IgG anti-rubella yang positif, yang menunjukkan bahwa tubuh sudah pernah mendapatkan infeksi rubella sebelumnya. Dengan adanya sistem pertahanan tubuh terhadap rubella ini maka kalaupun terjadi infeksi ulang maka biasanya gejala yang ditimbulkan akan lebih ringan. Namun memang jika titernya rendah maka disarankan untuk mendapatkan vakinasi untuk perlindungan yang lebih baik.

Untuk merencanakan kehamilan, sebaiknya Ibu mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan menyeluruh penyebab masalah kehamilan Ibu. Dokter spesialis kebidanan juga mungkin akan meminta pendapat dari dokter spesialis penyakit dalam mengenai kondisi Ibu. Kemungkinan diperlukan pemeriksaan genetik. Setelah penyebabnya diketahui maka Ibu, suami dan dokter dapat mendiskusikan rencana kehamilan Ibu.

Bahaya Terinfeksi Rubella Saat Hamil

Merancang Program Hamil meski Haid Tidak Teratur

Cara Menentukan Masa Subur Jika Haid Tidak Teratur

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar