Sukses

sesak, maag kumat

02 Jun 2020, 09:41 WIB
Pria, 32 tahun.

siang dok, mau tanya, saya ketika membersihkan wc, saya kecipratan air dari dekat wcnya, dan cipratan airnya itu masuk ke lubang hidung saya, saya sudah mencuci lubang hidung saya dengan sabun, yang saya tanyakan, apakah nanti bisa bermasalah dengan saluran pernafasan saya karena terkena cipratan airnya? soalnya sehabis itu nafas saya tidak enak, saya bingung penyebabnya sebab saya sekarang maagnya kumat juga, mual terus. saya sering sesak jg klo maag saya kumat, mohon pencerahannya, terima kasih.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda    

Keluhan sesak, mual dan muntah bisa saja merupakan bagian dari peyakit lambung, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan sensasi sesak nafas. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag kronis merupakan kondisi dimana penyakit maag itu berulang dan sudah berlangsung lama walaupun sudah dilakukan pengobatan. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Untuk masalah cipratan air WC seharusnya tidak berpengaruh dengan kondisi Anda saat ini.

Awas, Makanan dan Minuman Ini Bikin Asam Lambung Naik! 

Asam Lambung Kambuh, Konsumsi Obat Apa yang Aman, Ya?

10 Cara Ampuh Cegah Asam Lambung Naik

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar