Sukses

berkeringat merah dan gatal serta bersin-bersin

02 Jun 2020, 09:41 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, saya mau tanya kenapa setiap berkeringat kulit saya menjadi merah dan gatal? selain itu setiap pukul 9 malam - 7 pagi saya suka bersin-bersin, kadang-kadang saat siang pun saya juga bersin-bersin. Alergi apa kira-kira saya dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Dalam kasus Anda, mengalami reaksi kulit memerah dan gatal ketika berkeringat, kemungkinan hal tesebut adalah biang keringat.

Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia memang membuat mudah berkeringat. Meski lebih banyak berada dalam rumah, kelembapan udara yang cukup tinggi dan udara yang panas tetap membuatnya berkeringat. Mekanismenya, tubuh yang menyimpan panas membutuhkan penguapan yang berujung pada keluarnya keringat tadi. Untuk mengatasi biang keringat perlu diketahui jenis biang keringat, menghindari panas, melap keringat segera dan mengenakan baju yang nyaman jika Anda termasuk mudah mengalami biang keringat.

Namun, tentunya hal ini masih merupakan dugaan. Untuk memastikannya, Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut dan lengkap.

Sering bersin-bersin, terutama pada pagi hari yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus. Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi) pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi, pengobatan adalah dengan mencari jenis alergi serta mengobati alergi dengan anti-histamine. Namun, pilek akibat alergi merupakan suatu penyakit yang sangat sulit sembuh sebab kita sebenarnya tidak bisa mengeliminasi penyabab alergi hanya dapat menghindarinya. 

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

* Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda perlu dipastikan apakah karena udara dingin ataupun debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.

* Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

6 Kondisi yang Memicu Timbulnya Biang Keringat

5 Penyebab Mengapa Anda Bersin Terus-menerus

Hal-Hal Tak Terduga Ini Bisa Bikin Anda Bersin

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar