Sukses

Haid 2 Kali Pada Remaja, Hal Normalkah?

03 Jun 2020, 22:28 WIB
Wanita, 36 tahun.

Mlm.dok sy mau tanya anak sy umur 16 haid selama seminggu tapi setelah 2mgg haid lg tp tidak banyak sampai bbrp hari ygvingin sy tanyakan apakah itu normal soalnya baru kali ini terjadi

Terima kasih telah bertanya seputar haid 2 kali sebulan pada remaja menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Haid pada remaja, terutama 1-2 tahun pertama kerap tak menentu dan sulit diprediksi. Ini merupakan hal yang wajar, karena hormon-hormon kewanitaan baru mulai bekerja dan membutuh waktu untuk mencapai kondisi stabil yang nampak sebagai pola haid yang teratur. Bila pola haid yang tidak teratur ini berlangsung terus-menerus, kemungkinan memang ada hal yang mendasari.

Siklus haid rata-rata berlangsung selama 28 hari, dihitung dari hari pertama haid ke hari pertama haid berikutnya. Pada remaja, siklus ini bervariasi dari 21-45 hari sekali. Dan bisa lebih panjang pada 2 tahun pertama. Penting untuk diingat pula bahwa siklus haid setiap orang berbeda. 

Yang ingin kami tanyakan, saat ini apakah pola haid anak Anda sudah teratur? Jika sudah teratur, artinya hormon anak Anda sudah stabil. Namun, di kemudian hari bila ada faktor-faktor tertentu seperti stres, pola makan, atau penyakit, haid bisa menjadi tidak teratur kembali. Hormon kewanitaan sangat sensitif terhadap berbagai faktor. Hal ini paling mudah terlihat dari siklus haid yang berubah.

 

Ibu tidak perlu khawatir karena masih dalam batas normal. Sebaiknya terus evaluasi bulan depan bagaimana siklusnya, jika perlu di catat pada notes atau aplikasi haid di handphone.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai haid 2 kali sebulan pada remaja. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar