Sukses

Cacar air?

02 Jun 2020, 09:41 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau bertanya kemarin seperti ada bentol di telapak tangan saya awalnya saya kira kuman air karna didalemnya ada cairan putih tp selama ini sy tidak pernah mengalami kuman air, semalam tangan dan badan saya pegel pegel pas sy cek lagi bentol itu tumbuh lagi disekitar badan,punggung. Apakah itu cacar air? Karna selama ini sy belum pernah terkena cacar air. Mohon jawabannya dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Sdri.

Apakah Anda mengalami keluhan lain seperti demam dan sebagainya? Apakah anda terpapar dengan orang yang mengalami cacar air? Sulit untuk memastikan kondisi Anda tanpa informasi yang lengkap. Saat ini saya akan menjelaskan mengenai cacar air.    

Cacar air atau Varicella simplex, suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen atau melalui udara. Pada permulaannya, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah.

Kemerahan pada kulit pada cacar air lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Masa inkubasi virus varicella zooster adalah 10-21 hari jadi setelah terinfeksi oleh virus, maka gejala cacar air dapat muncul 10-21 hari kemudian. Sebagaimana halnya sebuah virus, varicella bisa menyerang siapa saja, namun tidak ada "kewajiban" bahwa seseorang harus terserang varicella di dalam hidupnya, dan tidak ada perbedaan karakteristik antara penderita dewasa dan anak-anak. Jaga kualitas kekebalan tubuh Anda dan rajinlah mencuci tangan agar terhindar dari serangan virus apapun.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi banyaknya lesi kulit. Pemberian antivirus dapat diberikan pada tiga hari pertama timbulnya lesi kulit atau jika lesi masih bertambah banyak. Pemberian antigatal atau bedak untuk membuat lesi kulit kering.

Namun untuk mendapatkan obat virus ini diperlukan pemeriksaan langsung terlebih dahulu oleh dokter. 

Biasanya virus cacar air akan infeksius 1-2 hari sebelum munculnya lesi pada kulit dan hilang saat lesi kulit sudah tidak timbul yang baru lagi (lesi kulit sudah berbentuk krusta/sudah tidak mengelembung) biasanya 1 minggu setelah muncul lesi pertama. Jadi biasanya sekitar 1 minggu setelah munculnya lesi kulit pertama kali, Anda sudah tidak infeksius.

Mengenai makanan, untuk mempercepat penyembuhan Anda bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan, dan gizi yang seimbang serta istirahat yang cukup.

Umumnya, pada hari ke-5, lepuhan baru sudah tidak terbentuk lagi. Seluruh lepuhan akan mengering pada hari ke-enam dan mengehilang dalam waktu kurang dari 20 hari. Air larutan PK dapat diberikan untuk mencegah infeksi sekunder karena bakteri. 

Anda dapat tetap menggunakan produk wajah yang biasa Anda gunakan, selama Anda tetap menjaga kebersihan ataupun higienitas area wajah Anda.

Kenali Bahaya Cacar Air yang Terjadi pada Ibu Hamil

Langkah Tepat Mengobati Cacar Air pada Orang Dewasa

5 Tips agar Cacar Air Tidak Membekas

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar