Sukses

Sering Gatal Di Lipatan Tubuh

02 Jun 2020, 16:43 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat siang dok,, maaf bercerita dlu... jd bgni Lekukan kulit kaki saya awalnya timbul seperti aea kering gatal kemudian saya garuk lama2 area tersebut mnjadi lebar dan terasa sangat gatal sampai ke area jari kaki. Sudah saya beri salep mengandung ketaconazole tp hnya mereda gatalnya sesaat namun luka bekas garukan saya dan area kering tersebut belum juga membaik.. mohon informasinya apakah ini jamur dan penanganannya bagaimana?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Sering Gatal Di Lipatan Tubuh.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 Gatal-gatal di lipatan tangan maupun kaki merupakan salah satu gejala dari alergi yaitu dermatitis atopi. Hal ini dapat disebabkan oleh keringnya kulit, iritasi oleh sabun, detergen, pelembut pakaian, dan bahan kimia lain, alergi atau intoleransi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap tungau debu, serbuk sari tanaman, atau bulu hewan, dan virus serta infeksi lain. Yang harus Anda lakukan adalah menghindarai pajanan alergi tersebut, entah debu, dingi, atau makanan yang menyebabkan Anda galat-gatal.

Namun di lipatan kulit juga daerah paling rentan untuk terinfeksi jamur. Gejala penyakit jamur yang harus kita perhatikan, pertama kulit kelihatan memerah, terasa sangat gatal, dan lama-lama akan melebar. Biasanya jamur kulit memang menginfeksi daerah yang lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Apalagi pada anak yang sudah sangat aktif bergerak. Cara mengatasi infeksi jamur kulit sebenarnya mudah, tapi memerlukan perhatian khusus. Pertama, kulit yang terinfeksi harus dijaga kelembabannya dan jangan dibiarkan lama basah oleh keringat, jangan memakai pakaian terlalu ketat, sering ganti pakaian jika sudah terasa basah oleh keringat. Biasanya dengan begitu, keluhan akan berkurang perlahan.

Apabila Anda sudah melakukan hal tersebut namun gatal masih tetap dirasakan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar mendapat penanganan yang sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Sering Gatal Di Lipatan Tubuh. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar