Sukses

Unjung Jari Bengkak

30 May 2020, 13:35 WIB
Wanita, 19 tahun.

awal mulanya kulit ari di jari tangan ke kelupas posisi mepet sama kuku trus jadi bengkak dan keras dan belum kempes juga sampai saat ini

Terima kasih telah bertanya tentang ujung jari bengkak melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sudah berapa lama keluhan ini dialami? Apakah bengkak cukup berkurang atau menetap atau malah semakin membesar?  Apakah terdapat trauma atau luka terbuka pada jari yang mengalami pembengkakan?

Jika terdapat luka, Anda perlu memperhatikan kebersihannya agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka. Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi bengkak.

Bengkak yang terjadi setelah trauma dapat disebabkan oleh luka yang mengalami infeksi. Selain itu, bengkak karena trauma juga dapat disebabkan karena adanya masalah tulang retak pada daerah terkait.

Jika terjadi bengkak/kemerahan atau nyeri yang tidak kunjung hilang setelah mengalami trauma, sebaiknya Anda memeriksan diri ke dokter untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut melalui pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan penunjang seperti rontgen. Untuk menghilangkan nyeri sementara waktu, Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri. Selain itu Anda juga dapat mengompres dingin pada daerah yang bengkak dan kurangi/batasi gerakan pada jari yang bengkak. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai ujung jari bengkak. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar