Sukses

Mengenai PCOS

28 May 2020, 19:54 WIB
Wanita, 0 tahun.

Pagi dok, sy mau nanya, 16 april sy terakhir dtg haid, 11 mei sy spotting dan sampai 19 mei kemarin haid blm dtg jg, sy coba pergi ke klinik dan hasil test urine negatif, dan dokter di klinik blg kalo sy terkena PCOS, dia cek lewat transvaginal memang sel telur sy kecil2 dan yg paling besar uk 0.77cm, ada penebalan dinding rahim jg, kemudian dokter ksh sy obat untuk haid dn kesuburan , apa org kurus bs terkena PCOS jg dok ? Yg sy tau PCOS menyerang orang2 yg obesitas , terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah sindrom atau kumpulan beberapa gejala yang menyerang indung telur (ovarium) dan proses pelepasan sel telur (ovulasi). Penderita PCOS memiliki tiga hal yang terjadi, yaitu banyak kista pada ovarium, kadar hormon laki-laki lebih tinggi, dan siklus menstruasi yang tidak reguler atau bolong-bolong.

Banyak kista yang timbul pada ovarium sebenarnya adalah folikel yang mengandung sel telur yang belum matang. Sel-sel telur tersebut tidak pernah menjadi matang sehingga tidak merangsang ovulasi.

Penderita PCOS mengalami ketidak-seimbangan hormon pada tubuh karena memiliki kadar hormon pria lebih tinggi dari normalnya. Hal ini menyebabkan penderita tidak mengalami menstruasi dan sulit untuk hamil atau infertilitas. Penderita PCOS memiliki risiko lebih besar melahirkan bayi prematur, keguguran, hipertensi, dan diabetes kehamilan.

PCOS biasanya diderita wanita yang subur (15–44 tahun). Hampir 70% dari semua yang memiliki penyakit ini tidak terdiagnosis. Dalam jangka lama, PCOS dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker endometrium, dan depresi.

Penyebab PCOS

Penyebab pasti dari Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) masih tidak diketahui. Beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan PCOS adalah:

Genetik. Penyakit PCOS terjadi di dalam keluarga. Banyak gen yang memengaruhi kondisi ini.

Resistensi insulin. Hampir 70% penderita PCOS mengalami resistensi insulin. Ini membuat tubuh berusaha untuk memproduksi lebih banyak insulin. Akibatnya ovarium juga memproduksi hormon laki-laki lebih banyak. Orang yang obesitas biasanya juga mengalami resistensi insulin.

Peradangan. Penderita PCOS biasanya memiliki kadar peradangan yang tinggi. Peradangan juga membuat produksi hormon laki-laki meningkat. Kondisi ini mencegah ovarium untuk membuat hormon dan memproduksi sel telur secara normal.

Dari ketiga penyebab diatas bukan berarti artinya PCOS tidak dapat diderita oleh orang yang kurus atau memiliki berat badan ideal. 

Apakah anda sudah menjalani cek gula darah serta pemeriksaan  kadar hormon laki-laki, insulin, dan kolesterol? Sebaiknya melakukan pemeriksaan lanjutan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar