Sukses

Nyeri Leher Sejak Konsumsi Obat TB

28 May 2020, 13:01 WIB
Wanita, 24 tahun.

Kalau sakit kelenjar tb paru di leher saat ini sudah konsumsi kategori 2 warna kuning untuk pertama kali. Tapi sejak konsumsi obat kuning di leher terasa nyeri,konsumsi sudah 3bulan berjalan (merah 2 bulan dan kuning 1 bulan)

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Tuberkulosis atau TBC adalah infeksi pada paru yang menular akibat dari kuman Mycobacterium tuberculosis. Umumnya penyakit ini akan menyerang paru-paru, tapi kuman tersebut bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti kelenjar, tulang, dll. TBC ini dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tuntas menggunakan OAT (obat anti tuberkulosis). 

Jika Anda sudah mengkonsumsi obat yang berbungkus kuning, berarti Anda sudah memasuki fase pengobatan lanjutan yang akan dikonsumsi selama 4 bulan. Obat tersebut mengandung Rifampicin dan Isoniazid. Kedua obat tersebut masing-masing memiliki efek samping saat dikonsumsi. Kemungkinan nyeri leher yang timbul adalah akibat dari efek samping obat tersebut. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan keluhan tersebut dengan dokter yang merawat agar dapat dilakukan evaluasi lanjutan apakah nyerinya memang karena efek samping atau ada penyebab lain.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar