Sukses

Ingin Copot Behel Sendiri

23 May 2020, 22:36 WIB
Pria, 20 tahun.

Cara copot behel sendirii gimana caranya dok?

Terimakasih telah bertanya tentang ingin copot behel sendiri melalui fitur Tanya Dokter.

Brehel gigi adalah salah satu komponen dari perawatan orthodontik cekat, dan sebaiknya tidak dilepas pasang sendiri oleh pasien. Karena bracket gigi menempel kuat di gigi, sehingga bila ditarik paksa bisa menyebabkan giginya giyang. Jika ada ketidaknyamanan atau karena sesuatu dan lain hal pasien ingin bracket tersebut dilepas, sebaiknya datang langsung ke dokter gigi/drg spesialis orthodontik yang merawat Anda. 

Sebagai patokan biaya lepas behel gigi untuk pasien luar klinik, di klinik swasta, Jakarta Selatan kisaran Rp. 600.000,- biasanya biaya tersebut sudah termasuk pembersihan karang gigi. Setelah melepas behel gigi, harus direncanakan untuk pemasangan retainer agar gigi tidak bergeser lagi.

Gunakan retainer dengan disiplin minimal selama 6 bulan. Kini ada 2 jenis retainer, yaitu yang jenis transparan (removable) bisa dilepas pasang sendiri dan fix retiner yang tidak bisa dilepas pasang sendiri. Datanglah ke dokter gigi anda untuk mendiskusikan jenis retainer yang cocok untuk kebutuhan dan kebiasaan anda. Tentunya dari 2 retainer tersebut terdapat kekurangan dan kelebihannya. Retainer Transparan removable, karena sering dilep[as pasang maka retainer mudah hilang, penggunaannya harus telaten karena harus dibersihkan dan dipakai saat tidur malam, namun kebersihan gigi tetap baik karena tidak dipakai saat makan. Untuk Fix retainer, lebih praktis karena tidak perlu dilepas pasang, namun pembersihan di sekitar retainer harus cermat karena biasanya banyak terdapat sisa makanan yang tersangkut disela-sela retainer dan menyebabkan karang gigi, oleh karena itu wajib control ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi 6 bulan sekali.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Kawat Gigi Keramik vs Stainless Steel, Mana yang Lebih Baik? 

Merapikan Gigi Dengan Invisalign atau Kawat Gigi, Ini Bedanya!

- Berapa Lama Harus Pakai Behel Transparan agar Gigi Rata Maksimal?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin copot behel sendiri, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar