Sukses

Kenapa Tidak Mempan Lagi Minum Obat Sakit Gigi

23 May 2020, 22:36 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok mau tanya. Gigi graham atas ada 2 yg bolong. Sedangkan sudah minum asmef tetapi tidak mempan, jadi bagaimana ya dok? Untuk anak bb 20kg

Terimakasih telah bertanya tentang kenapa tidak mempan lagi minum obat sakit gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami sakit gigi anda sudah mencapai saraf gigi, makanya dengan asmet tidak mempan.

Mungkin dulu saat sakit sebelumnya, masih bisa hilang dengan obat, namun sebenarnya obat hanya mengobati gejalanya saja, tidak menyembuhkan penyebabnya. Jika kerusakan gigi sudah kena sampai saraf, maka harus dilakukan tindakan untuk mematikan saraf gigi di dokter gigi. 

Karena tindakan ini termasuk emergency maka anda diperbolehkan untuk mengunjungi dokter gigi yang masih praktek. Sambil menambah obat anti nyeri lainnya misalnya yang mengandung bahan kalium diklofenak. 

Jika kondisi ini tidak dilakukan perawatan dapat menyebabkan abses dan bisa meluas ke tulang rahang dan jaringan lunak sehingga menyebabkan pembengkakan yang cukup besar dan tidak di bagian gusi.

Misal gigi molar bawah mengalami abses, pipi dapat mengalami pembengkakan yang cukup besar, bila dipegang terasa panas, sakit dan bisa disertai demam. Terkadang kelenjar limfe yang berdekatan dapat membesar dan terasa sakit. Kalau kondisi memburuk (misalnya daya tahan tubuh pasien lemah, dikombinasi dengan bakteri yang virulen dan tidak dirawat), bisa terjadi komplikasi yang cukup serius. Bakteri dapat menyebar melalui aliran darah ke organ vital, dan dapat terjadi kondisi yang disebut Angina Ludwig yang menyebabkan pasien kesulitan bernafas, akibatnya dapat berujung kepada kematian, seperti yang dilaporkan pada beberapa kasus.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Waspadai Ketika Sakit Gigi Spontan dan Berdenyut

- Anak Sakit Gigi, Ini Cara Mengatasinya

- Pertolongan Pertama Saat Sakit Gigi Menyerang

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai kenapa tidak mempan lagi minum obat sakit gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar