Sukses

Seputar Keputihan dan Flek Saat Hamil

23 May 2020, 11:17 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hallo dok, saya mau tanya, sekarang saya sedang hamil 36 minggu, tiba2 keluaral cairan berwarna kuning muda tadi malam jam setengah 4, terasa sangat gatal pada vagina tapi tidak berbau, pagi nya cairan kuning tidak keluar lagi diganti dengan keputihan berwarna putih susu dan sedikit flek berwarna coklat, itu kenapa ya dok kira2.

Terimakasih telah bertanya seputar flek dan keputihan saat hamil dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Keputihan merupakan hal yang umum terjadi pada saat kehamilan. Biasanya ini berkaitan dengan hormonal tubuh, lembab karena kenaikan berat badan saat hamil maupun akibat infeksi jamur atau bakteri. Tidak ada keluhan gatal, berbau maupun keluhan nyeri saat BAK maupun vagina terasa panas artinya keputihan yang Anda alami masih dalam batas normal. Yang terpenting jaga selalu kebersihan vagina Anda.

Sedangkan untuk masalah flek. Flek-flek berwarna coklat kehitaman merupakan gambaran yang menunjukkan adanya perdarahan ringan pada sistem reproduksi Anda. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek saat usia kehamilan tua diantaranya adalah :

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.
  • Tanda awal persalinan, bisanya disertai dengan kontraksi (his)

Kami menyarankan untuk tetap memeriksakan rutin kehamilan Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan darah untuk memastikan bahwa Anda dan bayi dalam kandungan dalam kondisi sehat dan menyingkirkan berbagai hal yang mungkin menjadi penyebab terjadinya perdarahan tersebut. Dokter akan memberikan terapi sesuai dengan penyebab timbulnya flek-flek darah pada Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar keputihan dan flek saat hamil. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar