Sukses

Arti Dari Bentuk Kotoran Telinga

22 May 2020, 11:13 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, telinga saya nyeri karna dulu setiap kerja di haruskan pakai earplug, lanjut berobat kata dokternya kemungkinan itu infeksi dan di anjurkan tidak boleh di bersihin pakai cottonbud karna telinga bisa ngebersihin dirinya sendiri cukup daun telinga aja yg di bersihin. Tapi tahun² berikutnya saya bersihin lagi karna ngerasa kurang enak\ada sesuatu yg menghambat pas saya bersihin warnanya kuning kaya kotor gitu dok, sedangkan suami saya juga ngebersihin tapi cottonbudnya bersih dok gak kotor kaya punya saya. Itu kenapa ya dok? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Perlu diketahui, kotoran telinga mengandung minyak dan keringat yang bercampur dengan kotoran maupun sel kulit mati. Bentuk dan konsistensi dari kotoran telinga bervariasi antara satu orang dengan lainnya. Hal ini bergantung pada ras, lingkungan, usia, dan diet. Satu studi menemukan bahwa kotoran telinga kering umumnya ada pada orang-orang keturunan Asia Timur. Sedangkan kotoran telinga basah umumnya ada pada orang-orang dari sebagian besar ras lain.

Tak cuma bentuk dan konsistensi, warna dari kotoran telinga juga bervariasi. Perbedaan warna dari kotoran telinga memiliki artinya sendiri-sendiri. Berikut penjelasannya:

Kotoran telinga berwarna kuning dan berbentuk lunak menandakan bahwa kotoran tersebut baru saja terbentuk.

Kotoran telinga berwarna gelap dan berbentuk keras atau seperti tar menandakan bahwa kotoran tersebut lebih lama tertimbun di dalam telinga.

Kotoran telinga yang bersisik dan berwarna pucat menandakan bahwa kotoran tersebut sudah ada sejak lama dan telah berpindah ke bagian luar telinga.

Kotoran telinga berwarna kemerahan menandakan kemungkinan goresan pada saluran telinga, perlukaan pada telinga, atau efek samping dari pembersihan kotoran telinga yang tidak tepat. 

Kotoran telinga berwarna keruh dan berair menandakan adanya infeksi telinga.

Kotoran telinga berwarna hitam menandakan adanya penumpukan kotoran telinga berlebih atau terdapat benda asing di telinga.

Demikian, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar