Sukses

Nyeri Betis Setelah Olahraga

22 May 2020, 11:15 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok, saya sudah 3 hari berturut2 melakukan olahraga di rumah dgn alat olahraga lari, dalam 1 hari saya melakukan 3 kali olahraga, saya juga diet puasa dgn hanya makan 1 roti tawar dgn daging, dan memperbanyak minum air putih, tapi betis dan tangan saya sakit semua dok, apakah ini karena terlalu berlebihan olahraga?

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri betis setelah olahraga melalui fitur Tanya Dokter. 

Keluhan Anda saat ini adalah nyeri betis setelah aktivitas olahraga basket. Keluhan ini salah satunya disebabkan oleh kekakuan dan kekelahan otot.

Jika benar yang Anda maksud adalah nyeri otot, keluhan Anda akan muncul terutama jika:

Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa Anda lakukanAnda tiba-tiba meningkatkan level intensitas gerakan anda atau meningkatkan lamanya waktu kerja.Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperpendek otot AndaPerubahan-perubahan yang dilakukan dalam aktivitas yang Anda lakukan ini dapat menyebabkan cedera kecil yang disebut microdamage dalam serat otot dan jaringan ikat yang dikemudian hari akan membuat Anda merasakan sakit pada otot Anda.

Untuk itu, Kami sarankan Anda melakukan pemanasan sebelum beraktivitas guna mencegah terjadinya cedera pada otot. Sekalipun, penelitian telah menunjukkan bahwa aktifitas pemanasan tersebut tidak dapat berbuat banyak untuk mencegah nyeri atau cedera, tidak ada salahnya untuk tetap melakukannya sebelum olahraga. Beberapa bahan alami telah teruji dan terbukti mencegah sakit otot, termasuk antioksidan seperti vitamin C.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri betis setelah olahraga. Semoga bermanfaat.  

    0 Komentar

    Belum ada komentar