Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Testis Asimetris

22 May 2020, 11:15 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya pria berumur 23 tahun, ingin menanyakan perihal testis saya yang sebelah kiri lebih kendur dari pada yang sebelah kanan, maksudnya jarak antara penis dengan testis sebelah kiri lebih jauh dari pada dari penis ke testis sebelah kanan dalam keadaan berdiri. Apakah kondisi ini mengindikasikan sesuatu dok? Mohon penjelasan dan arahannya dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah keadaan ini sudah dari dulu? Atau baru muncul sekarang? Apakah ada warna kemerahan pada skrotum Anda? 

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal. Namun perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mengetahui kondisi Anda. Kami tidak dapat memberikan obat apda forum ini, karena kami tidak melakukan pemeriksaan langsung pada diri Anda, dan diperlukan pemeriksaan langsung untuk menentukan apakah kondisi Anda memerlukan pengobatan atau tidak.

Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya. Beberapa penyakit dapat menyebabkan hal ini, salah satunya adalah Varikokel. 

Varises di kantung zakar dikenal di dunia medis sebagai varikokel. Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (kantung buah zakar) yang memperdarahi testis. Aliran darah di vena diatur oleh katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel. 

Dari pemeriksaan dapat  terlihat adanya pembengkakan atau benjolan pada kantung buah zakar yang terasa nyeri dan berat yang jika diraba terasa seperti memegang kantung yang berisi banyak cacing. Berikut akan kami jelaskan mengenai prosedur pemeriksaan sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri.

Pemeriksaan dilakukan dalam posisi berdiri. Pertama-tama diperhatikan kondisi kantung buah zakar kemudian diraba. Jika diperlukan, pemeriksaan dapat dilakukan dengan mengedan atau melakukan sebuah manuver, yaitu menghembuskan nafas secara maksimal dalam keadaan mulut dan hidung yang tertutup (manuver valsalva). Jika terdapat varikokel, maka pada pemeriksaan lihat dan raba dapat ditemukan benjolan seperti kumpulan cacing dalam sebuah kantung yang terletak di atas testis (buah zakar). Apabila terdapat varikokel derajat besar, maka bentuknya sudah dapat terlihat tanpa harus melakukan perabaan dengan/tanpa manuver valsalva/mengedan. Pada varikokel derajat sedang, maka varikokel dapat ditemukan dengan melakukan palpasi tanpa manuver valsalva/mengedan. Sedangkan varikokel derajat kecil memerlukan palpasi dengan bantuan manuver valsalva/mengedan untuk menemukannya.

Akan tetapi terkadang sulit untuk menemukan varikokel secara klinis meskipun terdapat tanda-tanda lain yang mendukung. Pada keadaan ini diperlukan bantuan alat yang dapat mendeteksi adanya peningkatan aliran darah dalam anyaman pembuluh darah testis. Dan pemeriksaan ini harus dilakukan oleh dokter yang kompeten di bidangnya.

Apabila keluhan ini berlanjut dan semakin mengganggu, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat dari keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar