Sukses

Luka di Kaki yang Lama Sembuh

19 May 2020, 13:23 WIB
Wanita, 22 tahun.

Begini dok, saya mau bertanya kaki ayah saya sudah lama sakit akibat luka dan sudah berapa tahun dia bawa lukanya itu. Sudah beberapa obat di minum tapi tidak mempan. Terakhir kondisi kakinya setelah beraktifitas dimalam hari kakinya sakit sampai ke lutut tidak bisa menginjakkan kaki nya pada lantai. Tetapi pada subuh dan siang hari kakinya tidak sakit. Gejala apa itu dok? Dan bagaimana cara mengobatinya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah lukanya bengkak, kemerahan dan bernanah? Apakah ayah Anda sering merasa kesemutan? Apakah ayah Anda menderita penyakit diabetes atau kencing manis?

Luka di kaki yang lama sembuh paling sering disebabkan karena adanya riwayat diabetes pada penderitanya. Diabetes yang tidak terkontrol dapat mengalami gangguan saraf yang bisa menyebabkan luka di kaki atau disebut juga ulkus diabetikum. 

Penyakit ulkus diabetikum harus segera diobati untuk mencegah infeksi yang semakin menyebar ke seluruh tubuh. Karena kalau tidak diobati dengan benar, penyakit ini bisa menimbulkan kecacatan seumur hidup. Saya sarankan untuk memeriksakan Ayah Anda ke dokter agar bisa dievaluasi lebih lanjut mengenai luka di kakinya. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga ayah Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar