Sukses

Cara Mengkonsumsi Pil KB

18 May 2020, 11:32 WIB
Wanita, 26 tahun.

Malam, dok. Saya ingin mengkonsumsi Pil KB sebaiknya langkah apa yang saya ambil ?? Ini untuk pertama kalinya, anak saya 1 dan usinya 9 bulan. Kebetulan anak saya full sufor

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pil KB adalah pil yang mengandung hormon reproduksi sintetik (progesteron dan kombinasi estrogen-progesteron) yang berfungsi untuk mengatur hormon dalam tubuh penggunanya, yaitu mencegah kehamilan. 

Terdapat dua jenis pil KB, yaitu paket 21 hari dan 28 hari. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yang berbeda hanya pada dosisnya. Pada pil KB 28 hari, terdapat 21 pil dengan hormon dan 7 pil tambahan yang berisi plasebo atau pil kosong. Pil 28 lebih populer karena memudahkan wanita untuk minum pil KB setiap hari sesuai jadwal tanpa jeda atau hari kosong. Sedangkan untuk pil KB paket 21 hari, semuanya pil mengandung hormon sehingga setelah 21 pil habis diminum, terdapat 7 hari kosong sebelum kembali mengonsumsi pil KB lagi.

Pil KB  bisa mulai diminum kapan saja, tapi harus dipastikan bahwa Anda sedang tidak hamil. Pil KB mulai diminum pada hari pertama haid dan seterusnya (sesuai dengan paket pil KB mana yang Anda pilih), pada jam yang sama, mengikuti arah tanda panah yang tertera di bungkus pil. Anda juga bisa mulai mengonsumsinya saat hari kedelapan haid, tapi dengan tambahan penggunaan kondom jika ingin berhubungan intim dengan pasangan. 

Namun demikian, sebelum Anda memilih metode kontrasepsi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar apat dijelaskan beberapa metode kontrasepsi yang tepat untuk kondisi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar