Sukses

Gatal di Seluruh Tubuh

18 May 2020, 11:22 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya sejak ada pandemi kan tidak kuliah dll. Dan badan saya sekujur tubuh gatel2 dan berwarna hitam awalnya saya kira alergi deterjen lalu saya kira baju di lemari, lalu saya kira kasur saya..dan saya juga mengira karena alergi panas. Padahal saya mandinya juga rutin 2× sehari..kira kira saya kenapa dok saya bingung mau ke luar rumah khawatir tertular Corona...tapi gatel saya sangat mengganggu kini sekujur tubuh saya sudah banyak hitam2 gatal ...saya kira2 kenapa dok dan apa yang bisa saya lakukan

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. 

Kelainan di kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen),  faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lainFaktor hormon / endokrinAlergi makanan dan obatInfeksi: tonsilitis dan sinusitis kronikAnemia kekurangan zat besi, danRiwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.Yang dapat Anda lakukan sementara ini adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  • Gunakan pelembab pada tangan 
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat.
  • Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Bagaimanapun, untuk dapat mendiagnosa suatu penyakit harus dibuktikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,Alergi

0 Komentar

Belum ada komentar