Sukses

Pusing atau Sakit Kepala?

17 May 2020, 17:14 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat pagi, Dok. Mohon bantu saya untuk menanggapi keluhan saya, Dok. Hari pertama Setelah bangun tidur sekitar pukul 17.10 WIB, saya ingin ke dapur. Namun, ketika berjalan tiba-tiba saya pusing banget dan hilang keseimbangan, lalu saya pun tumbang menabrak pintu. Lalu saya langsung bangkit (tidak pingsan). Dan ketika bangkit saya langsung merasakan sakit kepala sebelah kanan atas (sakitnya berdenyut-denyut). Pada malam harinya dan saat ingin tidur sakitnya belum hilang. Kepala kanan atas masih seperti denyut-denyut. Hari kedua Saya bangun pukul 05.30 WIB, lalu saya ke dapur memasak air. Lalu saya ke toilet buang air kecil. Lalu saya ke dapur dan minum air hangat setengah cangkir besar bulat. Saya ambil handphone lalu buka media sosial. Saat itu kepala saya masih sakit seperti hari pertama. Pukul 07.30 WIB kepala saya masih terasa sakit. Kira-kira saya sakit apa ya Dok? Saya ingin konsultasi ke RS namun belum ada biaya Dok. Terima kasih, Dok. Semoga Tuhan selalu memberkati Dokter, amin.

Terimakasih sudah bertanya seputar pusing atau sakit kepala dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda

Jadi mana yang lebih berat keluhannya pusing atau sakit kepala sebelah kanan?

Jika keluhan yang disampaikan pusing dan hilang keseimbangan lebih mengarah ke vertigo.  Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita terasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  • vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  • vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo. Hipotesis lainnya adalah akibat adanya perubahan tekanan pada bagian telinga dalam, infeksi, maupun BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). BPPV timbul ketika partikel kalsium kecil berkumpul di kanal telinga dalam.

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan memejamkan mata, menjagaa agar posisi kepala tidak bergerak hingga gejala hilang, atau dengan mengkonsumsi pil antimabuk yang tersedia di pasaran.

Jika keluhan Anda masih berlanjut atau memberat, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk ditelusuri lebih lanjut penyebabnya disertai penanganan optimal.

Untuk menambah wawasan Anda, silakan membaca tautan artikel berikut :

Sedangkan sakit kepala sebelah kanan, maka dapat mengarah ke sakit kepala migrain. Terapi migrain tidak hanya dapat dilakukan dengan obat. Tanpa obat adalah dengan melakukan terapi relaksasi. Tidur seringkali merupakan obat mujarab menghilangkan sakit kepala ini. Hindari kebiasaan yang dapat memicu sakit kepala migrain seperti merokok, konsumsi bahan makanan yang mengandung MSG, keju dan kacang-kacangan. Mulailah berolahraga secara teratur dan konsumsi banyak air.

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah bisa mengkonsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol atau asam mefenamat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar pusing atau sakit kepala, semoga bermanfaat

Salam,

1 Komentar

  • haryantohariaji1909

    Malam dok saya mau tnya,apa bedanya vertigo dg Meniere,bgm bobotnya di kedua pnyakit itu,saya itu limbung dok spt melayang ² kepala ini,tidak focus itu vertigo ato menier,bgm solusi mengatasinya,dan apa pnyebabnya dok?mohon sarannya