Sukses

Berbagai Keluhan

15 May 2020, 10:13 WIB
Wanita, 20 tahun.

Akhir-akhir ini kepala terasa pusing, sakit kepala dan kadang tidak bisa menjaga keseimbangan hampir seperti vertigo tapi tak separah vertigo. Kalau habis tidur mendingan tapi beberapa jam kemudian pusing lagi. Kadang-kadang bibir atas berkedut tapi berkedut lebih sering ketika mengikat rambut. Badan jg lemas rasanya padahal baru makan. Badan berdebar sampai kaki kerasa. Ini kenapa ya? Apa perlu ke dokter?

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Vertigo termasuk kedalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. Keluhan lain yang berhubungan dengan vertigo adalah berkurangnya pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), mual, muntah, atau rasa penuh pada telinga.

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri.  Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.  Penyebab dari vertigo dapat bermacam-macam dari keadaan yang ringan hingga keadaan berat, secara garis besar meliputi:

Keadaan lingkungan  - Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut)

Obat-obatan  - Alkohol  - Gentamisin

Kelainan sirkulasi  - Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler

Kelainan di telinga  - Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam       (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo)  - Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri  - Herpes zoster  - Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga)  - Peradangan saraf vestibuler  - Penyakit Meniere

Kelainan neurologis/saraf  - Sklerosis multipel  - Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya  - Tumor otak  - Tumor yang menekan saraf vestibularis.

Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  • vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  • vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Bibir tiba-tiba bergerak sendiri yang dikenal dengan kedutan (twitching)dapat sangat mengganggu meskipun sebenarnya penyebabnya kemungkinan tidak serius. Kebanyakan penyebabnya datang dari stres, fatigue/lelah, emosi, kelebihan konsumsi kafein, atau kurangnya kalium dalam makanan.Seringkali kedutan dapat hilang sendiri, baik dalambeberapa menit ataupun beberapa hari tanpa ada gejala sisa. Namun, jikaterjadi secara terus menerus harus ditelusuri kembali lebih jauh penyebab yang mendasari. 

Kedutan pada daerah bibir merupakan hasil dari kontraksi otot pada daerah bibir secara involunter (tidak disadari) dan secara tiba-tiba. Ini juga dapat dikarenakan kontraksi serat otot sebagai hasil dari stimulasi langsung atau iritasi atau cedera pada syaraf yang mempersyarafi otot tersebut. 

Sebelum mengambil langkah lebih jauh, coba Anda perhatikan dan perbaiki kemungkinan penyebab yang banyak terjadi- stres;fatigue/lelah; kelebihan konsumsi kafein misalnya pada kopi; atau kurang kalium yang banyak terkandung pada buah-buahan (pisang, alpukat),sayur-sayuran, susu, daging.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar