Sukses

Vagina Terasa Linu, Apa Yang Salah?

12 May 2020, 23:47 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat malam dok...knp yahh vagina saya terasa linu dok apa itu tidak akan terjadi apa apa

Terima kasih telah bertanya seputar vagina linu dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sejak kapan keluhan ini dirasakan? Muncul saat kapan nyeri di vagina? Apakah terus menerus atau hilang timbul? Adakah keluhan lain yang menyertai seperti bengkak, muncul cairan/darah?

Keluhan berupa rasa nyeri pada vagina ini dapat disebabkan karena iritasi atau peradangan yang terjadi pada daerah genitalia. Iritasi atau peradangan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Infeksi. Sekitar 90% kasus vaginitis pada wanita yang telah melakukan hubungan seksual disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur ataupun parasit. Vaginitis akibat infeksi biasanya disertai dengan keluarnya lendir dari vagina (keputihan) yang memiliki gambaran berbeda-beda tergantung penyebabnya. Infeksi ini ditularkan melalui hubungan seksual, karenanya termasuk ke dalam golongan penyakit menular seksual (PMS)
  • Terjadinya perubahan hormonal dalam tubuh. Biasanya terjadi pada wanita setelah melahirkan, setelah menopause atau perempuan sebelum pubertas, dimana kadar estrogen dalam tubuh rendah. Biasanya hanya disertai pengeluaran sedikit cairan vagina, atau terkadang bahkan vagina terasa kering
  • Iritasi atau alergi akibat pemakaian kondom, zat spermisida, sabun, pembersih vagina, lubrikan, dan lain-lain.
  • Adanya benda asing dalam vagina, seperti adanya tampon atau kondom yang tertinggal dalam vagina sehingga menimbulkan vaginitis yang disertai keluarnya lendir vagina yang bau.

Kami sarankan, Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk wawancara medis lebih mendetil, pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat segera mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar vagina linu. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar