Sukses

Benarkah Alat Makan Penderita TBC Perlu Di Pisah?

12 May 2020, 22:30 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, apa benar seorang penderita TBC alat makannya harus dipisah dgn yg lain agar tdk menularkan penyakitnya? dan berapa lama pasien yg sdh rutin minum OAT bakteri dalam tubuhnya menjadi pingsan sehingga tdk berpotensi menularkan?

Terima kasih telah bertanya tentang penularan TBC lewat peralatan makan melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyakit paru-paru terutama ditularkan lewat droplet atau percikan cairan saluran nafas yang keluar dari mulut penderita penyakit paru-paru. Droplet ini ukurannya sangat kecil, dan biasanya keluar saat penderita batuk. Saat droplet ini terhirup oleh orang lain, terutama yang daya tahan tubuhnya lemah, maka dapat tertular penyakit yang sama.

Bagaimana dengan gelas atau alat makan? Untuk penyakit yang menjangkiti paru-paru, maka bakteri akan berada di paru-paru, oleh sebab itu HANYA droplet atau lendir yang berasal dari paru-paru saja yang akan menularkan penyakit (yaitu akan keluar dengan cara dibatukkan). Maka bila penderita menggunakan gelas atau sendok, dan tidak batuk disekitar alat makan tersebut, maka bakteri tidak akan menyebar ke alat makan tersebut. Berbeda dengan penyakit saluran nafas atas misalnya faringitis, oleh karena lokasi infeksi ada ditenggorokan (dekat dengan permukaan) maka kemungkinan besar alat makan penderita mengandung kuman penyakit.

Mengenai lama pengobatan TB, bergantung pada jenis TB yang dialami (hanya di paru atau menyebar di luar paru), respon tubuh terhadap obat serta kepatuhan penderita terhadap pengobatan.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penularan TBC lewat peralatan makan. Semoga bermanfaat.

Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar