Sukses

Menderita Gastritis Kronik

12 May 2020, 23:07 WIB
Wanita, 30 tahun.

siang dok, suami saya terkena asam lambung sejak tahun 2018. belum sembuh total hingga kini, sering badannya lemas, mata kabur dan belakang sakit dari leher hingga pinggang.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Berdasarkan pernyataan diatas, suami Anda sudah menderita penyakit gastritis kronik. Gastritis ini adalah penyakit radang pada lambung akibat meningkatnya asam lambung. Penyakit ini akan menjadi kronik apabila tidak diatasi dengan baik. 

Ada beberapa tindakan medis yang akan dilakukan bila seseorang telah terdiagnosis terkena gastritis. Pilihan pengobatan tergantung dari penyebab gastritis yang dialami dan untuk mengurangi gejala yang timbul. Pengobatan yang paling aman adalah menghindari kondisi yang memacu terjadinya gastritis. Ini adalah langkah awal pencegahannya. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah kekambuhan dari gastritis adalah :

1. Makan teratur 

2. Makan sedikit namun sering. Usahakan makan setiap 4 jam sekali meskipun hanya makanan ringan. Hal ini untuk menghindari peningkatan asam lambung yang berlebihan akibat rasa lapar

3. Hindari stress, rokok, alkohol, kopi dan minuman lain yang mengandung kafein seperti cola dan teh

4. Hindari makanan pedas, asam, dan yang merangsang lambung

Badan lemas bisa juga disebabkan berbagai hal, seperti kurang darah, rendahnya kadar gula darah, dehidrasi, penyakit diabetes, hipotiroid, dll. Pastikan asupan nutrisi suami Anda terpenuhi untuk mengurangi keluhan tersebut. 

Jika keluhan tidak membaik, silahkan lakukan konsultasi secara langsung dengan dokter untuk dapat dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga suami Anda cepat sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar