Sukses

Seputar Batuk dan Flu

12 May 2020, 22:30 WIB
Wanita, 58 tahun.

Dok,saya sering sakit kepala. lalu akhir2 ini batuk berdahak menggumpal dan berdarah dok,lalu flu bewarna hijau dan berbau.saya pernah oparasi polip dan sinus dok

Terima kasih telah bertanya seputar keluhan batuk melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Batuk atau lendir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti, darah yang keluar bersumber dari rongga mulut (gigi atau gusi) yang ikut terbawa keluar bersama saat Anda batuk, adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa (pada perokok aktif, atau radang saluran pernapasan atas) yang menyebabkan rasa gatal dan memicu batuk berulang. Batuk juga merupakan gejala utama pada beberapa penyakit paru seperti pneumonia, flek paru (yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis) atau pada keadaan lebih berat yaitu akibat tumor.

Bukan tidak mungkin keluhan flu dan batuk Anda mengarah ke influenza atau flu adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Influenza merupakan penyakit serius yang menyerang hidung, tenggorokkan dan paru-paru serta dapat mengakibatkan pneumonia. Gejala yang serius dan berat yang ditimbulkan oleh influenza ini biasanya terjadi pada pasien yang sudah dalam kondisi lemah, usia lanjut, atau mengidap penyakit kronik.

Virus influenza terdiri dari 3 jenis; tipe A, B, C. Virus tipe A sangat sering dijumpai dan biasanya menimbulkan epidemik serius. Tipe B juga dapat menimbulkan epidemik, tapi biasanya lebih ringan. Sedangkan virus flu tipe C tidak mengakibatkan epidemik yang luas.

Orang awam sering keliru menganggap penyakit salesma (batuk pilek) biasa sebagai flu, padahal sesungguhnya gejala dari kedua penyakit ini cukup berbeda.

Gejala yang biasanya dijumpai pada influenza adalah;

  • Pasien mengalami demam (>38celcius)
  • Dengan gejala batuk
  • Dapat disertai nyeri otot atau sendi, serta nyeri tenggorokkan
  • Bila anda mengalami batuk disertai dahak berwarna kuning, coklat atau hijau, maka anda mungkin terserang pneumonia (kondisi yang lebih berat dari flu).

Bagaimana dengan Anda, apakah ada keluhan demam, sesak nafas?

Untuk mengatasi keluhan ini harus diketahui dulu penyebabnya secara pasti. Dibutuhkan wawancara medis terperinci, pemeriksaan fisik (khususnya untuk mendengar suara paru), pemeriksaan darah maupu rontgen untuk menunjang diagnosis. Setelah mendapatkan hasilnya, barulah terapi bisa diberikan sesuai penyebabnya. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis paru terdekat.

Untuk saat ini yang bisa kami anjurkan adalah menghentikan kebiasaan merokok (apabila Anda seorang perokok aktif) atau menjauhi paparan asap rokok/polusi, menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi nutrisi seimbang. Anda dapat menambah konsumsi makanan tinggi protein seperti telur, untuk mempercepat penyembuhan. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar